Senin, 14 Oktober 2019

SEJARAH SISTEM OPERASI DOS,WINDOWS,ANDROID,LINUX & MAC OS

SEJARAH SISTEM OPERASI DOS,WINDOWS,ANDROID,LINUX & MAC OS

OPERASI DOS

Sejarah

MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson—yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS—pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086. Microsoft pun membeli lisensinya dengn harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.

Pengembangan[

IBM dan Microsoft selanjutnya merilis versi-versi DOS; di mana versi IBM yang langsung dibundel dengan komputer IBM PC disebut dengan "IBM PC-DOS" (singkatan dari International Business Machine Personal Computer Disk Operating System). Pada awalnya, IBM hanya menggunakan apa yang layak digunakan dari MS-DOS yang dirilis oleh Microsoft, seperti program-programnya atau utilitas yang disertakannya. Karena itulah, versi IBM selalu dirilis lebih lambat dibandingkan dengan versi MS-DOS. Tapi, MS-DOS versi 4.0 adalah versi MS-DOS pertama yang benar-benar sama seperti IBM PC-DOS, karena Microsoft sedang berkonsenstrasi untuk mengembangkan sebuah sistem operasi penerus DOS, yang disebut dengan OS/2.
Microsoft, ketika melisensikan DOS kepada IBM, menandatangani perjanjian lisensi yang salah satu poinnya mengandung bahwa Microsoft boleh melisensikan MS-DOS kepada perusahaan selain IBM, dan para perusahaan tersebut dipersilakan mengubah nama MS-DOS menjadi nama yang mereka gunakan (contoh: TandyDOS, Compaq DOS, dan lainnya). Kebanyakan versi-versi tersebut tentu saja sama dengan versi yang telah dikembangkan oleh Microsoft dengan MS-DOS-nya, tetapi Microsoft mulai mencabut perjanjian lisensinya sehingga para perusahaan lain harus menggunakan nama MS-DOS, bukannya nama yang telah dikustomisasi sebelumnya. Hanya IBM yang diberikan keleluasaan untuk terus menggunakan nama IBM PC-DOS, bukannya MS-DOS.
MS-DOS pun berkembang cukup cepat, dengan fitur-fitur signifikan yang diambil dari beberapa sistem operasi lainnya seperti Microsoft Xenix—salah satu varian sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh Microsoft—dan DR-DOS milik Digital Research, serta produk-produk utilitas lainnya seperti Norton Utilities dari Symantec Corporation (produk yang diadopsi seperti Microsoft Disk Defragmenter), PC-Tools dari Central Points (produk yang diadopsi seperti Microsoft Anti-Virus), manajer memori diperluas atau EMM (Expanded Memory Manager) QEMM dari Quarterdeck (produk yang diadopsi seperti EMM386), kompresi disk (atau disk compression) DriveSpace dari Stac Electronics, dan masih banyak produk yang diadopsi lainnya.
Ketika Intel Corporation memperkenalkan mikroprosesor baru yang disebut dengan Intel 80286, Microsoft dan IBM memulai proyek sistem operasi baru pengganti DOS yang disebut dengan OS/2, yang pada dasarnya adalah versi MS-DOS yang berjalan dalam modus terproteksi (protected mode). Tapi, Microsoft meninggalkan proyek OS/2 tersebut untuk memfokuskan diri pada pengembangan Microsoft Windows dan Microsoft Windows NTDigital Research membuat sebuah antarmuka grafis yang disebut dengan GEM, tetapi sangat kurang populer pada komputer IBM PC atau kompatibel. GEM ternyata mendapat pasarnya pada mesin komputer ATARI ST, tetapi akhirnya disalip lagi oleh Microsoft dengan versi Windows 3.0.

Windows

Sejarah dan Perkembangan Sistem Operasi Windows

Sejarah dan perkembangan sistem operasi windows dari versi paling awal sampai sekarang  – Setiap hari kita menghabiskan waktu di depan layar komputer atau laptop, dan saat itu kita sering menggunakan salah satu aplikasi yang paling terkenal. Windows adalah salah satu aplikasi yang ada pada komputer, laptop atau notebook yang sangat membantu manusia. Windows adalah sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft.
Penemu Windows untuk pertama kalinya adalah dua orang yang saling bersahabat sejak kecil yaitu Bill Gates dan Paul Allen. Sejak penemu Windows ini, Windows kini mengalami perkembangan dari versi yang satu ke versi lainnya dengan kualitas yang semakin ditingkatkan.
Sistem operasi Windows merupakan pengembangan dari MS-DOS, sebuah sistem operasi berbasis modul teks dan command-line atau CLI (Command Line Interface). Windows merupakan sistem operasi yang menyediakan lingkungan berbasis grafis (Graphical User Interface (GUI)) dan kemampuan multitasking.

Windows 1.0

Sistem operasi Windows 1.0
Sistem operasi Windows 1.0 dikeluarkan pada tanggal 20 November 1985 dan diresmikan pertama kali pada tanggal 10 November 1983 yang dijuluki dengan Windows Graphic Environment 1.0. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, namun hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis berbasis 16-bit. Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan sama yang dimiliki oleh MS-DOS. Selain itu, Apple yang menuntut Microsoft membuat Microsoft membatasi kemampuannya. Sebagai contoh, jendela-jendela di dalam Windows 1.0 hanya dapat ditampilkan di layar secara “tile” saja, sehingga jendela tersebut tidak dapat saling menimpa satu sama lainnya. Tentu saja, Windows 1.0 memiliki cukup banyak kekurangan sehingga belum begitu dikenal di masyarakat.

Windows 2.0

Windows 2.0
Windows 2.0 mendapatkan keuntungan, karena dapat menggunakan prosesor terbaru pada tahun itu, yaitu Intel 286 Prosesor, memory yang lebih besar, dan fitur komunikasi antar aplikasi dengan menggunakan Dynamic Data Exchange (DDE). Dengan peningkatan dukungan grafis, pengguna sekarang dapat mengatur besar kecil ukuran jendela dan penambahan dukungan untuk keyboard. Jadinya, kita dapat menggunakan Windows dengan hanya berbekal keyboard dan juga dukungan Keyboard Shortcut. Windows 2.0 sendiri di luncurkan pada tanggal 9 Desember 1987. Lalu, rilis selanjutnya yaitu Windows 2.1 sampai Windows 2.03, menambah fitur yaitu Protected Mode dan penggunaan memory yang lebih besar pada prosesor Intel 386.

Windows 3.0

Windows 3.0
Windows 3.0 dirilis pada tanggal 22 Mei 1990. Windows 3.0 memiliki kemampuan dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan juga icon. Microsoft menyediakan SDK (Software Development Kit) sehingga para developer piranti lunak dapat mengembangkan aplikasi agar mampu berjalan di Windows 3.0 ini. Sistem ini mengenalkan Virtual Device Driver (VXD) yang berguna untuk meminimalisasi ketergantungan setiap driver pada perangkat keras tertentu. Sistem ini berevolusi menjadi Windows 3.1 yang mengenalkan fitur Multimedia dan True Type Font. Sistem ini memudahkan End-User karena adanya fitur Drag and Drop. Windows versi 3.0 ini berkembang menjadi Windows 3.11 yang mendukung aplikasi NetWorking.

Windows 95

Windows 95
Windows 95 yang memiliki nama kode Chicago dalam masa pengembangan dirilis tanggal 24 Agustus 1995. Windows 95 sudah terintegrasi dengan 32-bit TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dan sudah mendukung jaringan Internet, dial-up networking, dan dukungan Plug and Play, dimana kita bisa menginstall Device dengan hanya mencolok kabel hardwarenya. Versi 32 bit dari Windows 95 terdapat peningkatan kapabilitas multiedia, fitur yang lebih kaya untuk mobile computing, dan Networking yang sudah diintegrasikan.

Windows 98

Windows 98
Pada 25 Juni 1998, Microsoft merilis sebuah sistem operasi Windows baru, yang dikenal sebagai Windows 98. Windows 98 dianggap sebagai revisi minor terhadap Windows 95, tapi secara umum dilihat jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya, Windows 95. Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, sebuah batasan yang terdapat di dalam Windows 95.
Dukungan USB di dalam Windows 98 pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Dengan kehadiran Windows 98 mengundang banyak kontriversi saat Microsoft memasukkan penjelajah web Microsoft Internet Explorer ke dalam sistem operasi dan tidak dapat dicabut, sehingga menjadikan Windows Explorer dan GUI Windows mampu menampilkan direktori seolah-olah halaman web.

Windows 2000

Windows 2000
Windows 2000 termasuk kedalam keluarga Windows NT. Dirilis pada 17 February 2000, Windows 2000 ini khusus dibuat untuk kalangan bisnis. Ada versu Professional, Server, Advanced Server dan Datacenter Server. Untuk pengguna rumahan, Windows merilis Windows ME beberapa bulan kemudian. Fitur-fitur baru yang diadopsi dari Windows 98 juga ditanamkan di dalamnya, seperti Device Manager yang telah ditingkatkan (dengan menggunakan Microsoft Management Console), Windows Media Player, dan DirectX 6.1 (yang memungkinkan sistem operasi berbasis kernel Windows NT untuk menjalankan game).

Windows ME (Millennium Edition)

Windows ME (Millennium Edition)
Sesuai dengan namanya, Windows ME ini dirilis pada 14 September tahun 2000 yang sering disebut sebagai tahun milenium. Dibandingkan dengan Windows 98, Windows ME memiliki boot time yang jauh lebih cepat. Di Windows inilah pertama kali ada fitur System Restore untuk merestore PC ke titik tertentu jika mengalami permasalahan. Namun demikian, banyak yang menganggap bahwa Windows ME ini adalah produk gagal yang memiliki banyak masalah. Keberadaan Windows ME ini pun segera digantikan oleh Windows NT Family lainnya ( XP, Vista, 7, dan Windows 8).

Windows XP

Windows XP
Pada tahun 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP (yang memiliki nama kode “Whistler” selama pengembangan. Akhirnya, setelah merilis beberapa versi Windows berbasis Windows 9x dan NT, Microsoft berhasil menyatukan kedua jajaran produk tersebut. Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit yang sudah menua. Windows XP merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama (paling tidak hingga saat ini), karena memang berkisar dari tahun 2001 hingga tahun 2007, saat Windows Vista dirilis ke konsumen. Jajaran sistem operasi Windows XP akhirnya diteruskan oleh Windows Vista pada 30 Januari 2007.

Windows Vista

Windows Vista
Tanggal 30 November 2006, Microsoft meluncurkan versi baru Windows untuk pengguna rumahan dan kalangan bisnis pada tanggal 30 Januari 2007 dengan nama Windows Vista. Fitur-fitur pada Windows Vista perubahannya boleh dikatakan radikal, terutama pada bagian user-interface. Kemampuan sekuritas juga ditambahkan oleh Microsoft, sehingga Microsoft megklaim versi terbarunya ini lebih stabil,aman, dan memanjakan pengguna computer ( walaupun menurut banyak orang hal-hal tersebut sudah ada pada Windows XP).

Windows 7

sejarah-windows-7
Rilis selanjutnya setelah Windows Vista adalah Windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000. Windows 7 yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh kemana-mana pada desktop (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik.

Windows 8

Windows 8
Windows 8 adalah versi selanjutnya dari Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Salah satu metode untuk mencapai hal tersebut adalah dengan mengurangi beban pemakaian RAM di dalam Operating System. Penghematan penggunaan RAM di Windows 8 dipastikan dapat secara signifikan memperpanjang penggunaan PC yang memakai baterai (laptop ataupun tablet PC) karena RAM merupakan salah satu komponen di komputer yang paling banyak memakai arus listrik.

Windows 10

Windows 10
Windows sengaja tidak mengeluarkan versi windows 9 dikarenakan para users akan menganggap windows 9 yang dipakai adalah windows 95 atau windows 98 karena berawalan 9, jika itu terus dipakai akan berbahaya. Maka dengan itu Windows langsung memproduksi windows 10 untuk menggantikan windows 9 yang tidak boleh diproduksi. Windows ini adalah versi terbaru dari semua software windows dengan segala kecanggihannya membuat satu dari sekian software Operating System ini banyak digandrungi oleh masyarakat, simpel, menarik, dan canggih.


Dengan sistem operasi Windows maka semua pekerjaan jauh lebih mudah dijalankan, OS pada komputer atau laptop sangat mendukung perkembangan bisnis dan juga perekonomian saat ini. Hampir semua perusahaan menggunakan sistem operasi Windows untuk memudahkan pengolahan data.

 Android

Sejarah Dibentuknya Android

Sejarah Android Judul
Nah, buat kamu yang belum tau dan masih penasaran dengan sejarah terbentuknya Android, perusahaan pembuatnya, dan dalang di balik suksesnya sistem operasi mobile nomer satu di dunia ini, tulisan ini cocok banget untuk kamu baca. Yuk, langsung disimak aja ya!

Sejarah Singkat Android

Sebelum dimiliki oleh Google, Android sendiri adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Android, Inc. yang didirikan di Palo Alto, California pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White.
Perusahaan ini sendiri memang sedari awal sudah didukung secara finansial oleh Google sebelum akhirnya dibeli pada tahun 2005. Walaupun sudah dibeli oleh Google, tapi para pendiri Android, seperti Rubin, Miner dan White tetap bekerja di perusahaan.
Sejarah Android Htc Dream
Akhirnya, pada tahun 2007, dirilislah sistem operasi pertama Android dengan ditandai juga didirikannya Open Handset Allience (OHA) yang tidak lain dan tidak bukan adalah bekerja untuk melakukan pengembangan standar terbuka bagi perangkat seluler. Di tahun 2008, akhirnya dirilislah HTC Dream, HP pertama yang menggunakan sistem operasi Android.

Tujuan Awal Bukan Untuk Sistem Operasi HP

Walaupun sekarang Android telah sukses dan digunakan oleh setiap vendor smartphone untuk menunjang kinerja produknya, tapi ternyata awal mulanya Android dikembangkan untuk kamera digital lho. Namun, sadar jika pasar untuk perangkat tersebut tidak telalu besar, akhirnya tujuannya pun dialihkan walaupun pada akhirnya ada kamera digital juga yang menggunakan sistem operasi ini.
Sejarah Android Tujuan Awal
Setelah itu, Android akhirnya dibuat untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile. Namun, agar informasi tentang sistem operasi ini tidak bocor ke para rivalnya, pengembangan sistem operasi ini dilakukan secara diam-diam, walaupun para pengembangnya sendiri adalah pakar-pakar teknologi yang berpengalaman.

Versi-Versi Android

Sejarah Android Versi
Di bawah ini menunjukkan versi-versi Android yang telah dirilis dari pertama sampai versi Android terbaru yang mungkin belum semua merasakannya. Dari tabel ini bisa kita lihat bagaimana sistem operasi Android terus tumbuh seiring perkembangannya teknologi. Yuk, langsung disimak!
VersiCodenameTanggal Rilis
1.0Astro Boy23 September 2008
1.1Bender-
1.5CupcakeMei 2009
1.6DonutSeptember 2009
2.0-2.1Eclair26 Oktober 2009
2.2Froyo20 Mei 2010
2.3Gingerbread6 Desember 2010
3.1Honeycomb10 Mei 2011
4.0.3Ice Cream Sandwich16 Desember 2011
4.1.xJelly Bean9 Juli 2012
4.4KitKat31 Oktober 2013
5.xLollipop15 Oktober 2014
6.0Marshmallow10 Agustus 2015
7.0Nougat22 Agustus 2016
8.0Oreo21 Agustus 2017

Akhir Kata

Nah, jangan cuma pake HP Android aja ya guys, kamu juga harus tau sedikit banyak sejarah Android. Siapa yang sangka kan ternyata sistem operasi Android dulunya dikembangkan untuk sebuah kamera. Bayangin deh kalo dulu akhirnya jadi buat kamera dan nggak ada smartphone Android, pasti sekarang manusia akan tersiksa banget kan?

Sistem Operasi Linux

 LINUX telah banyak di gunakan mulai dari perangkat smartphone yang kecil hingga web server yang besar. Dari jam tangah hingga game console. Dari pengendali mobil hingga satelit. Namun tidak banyak yang tahu sejarah sistem operasi dengan maskot Pinguin ini. Karena itu di sini saya akan men-share artikel tentang sejaran sistem operasi Linux.

Sejarah Sistem Operasi Linux

Linux merupakan sistem operasi berbasis open source. Kernel sistem operasi Linux di ciptakan oleh Linus Torvald pada tahun 1991 saat dia masih berada dalam masa kuliah di Universitas Helsinski, Finlandia.
Jauh sebelum Linus Torvald mengembangkan kernel Linux Richard Stallman sudah terlebih dahulu mengembangkan project GNU. Dalam project ini Stallman adalah untuk menciptakan sistem operasi yang benar-benar free (free di sini berarti bebas untuk di kembangkan, free tidak selalu gratis).


Sejarah Singkat Sistem Operasi Linux - www.dedyprastyo.com
Sejarah Singkat Sistem Operasi Linux

Berbagai kode program di kembangkan dan pada tahun 1991 kode ini telah terkumpul hanya kurang satu yaitu kernel. Sementara itu di tempat lain Linus Torvald yang saat itu masih menjadi mahasiswa di Universitas Helsinski mengembangkan project pribadi untuk mengembangkan kernel sistem operasi yang mirip dengan UNIX (atau di sebut UNIX like).
Proses development yang di lakukan oleh Linus baru sebatas kernel. Kernel yang ia kembangkan baru dapat membaca harddisk dan device yang terhubung ke komputer. Pada bulan September di tahun 1991 kernel ini di luncurkan dengan nama Linux. Kernel ini sendiri di beri versi 0.01. Kernel ini kemudian di gabungkan dengan project GNU hingga terbentuklah nama GNU/Linux.
Setelah itu perkembangan Linux menjadi sangat cepat. Pada 5 Oktober 1991 Linus mengumumkan kernel Linux 0.02 dan pada 19 Desember 1991 dia kembali memperkenalkan versi kernel 0.11 yang mana pada versi ini Linux sudah dapat berfungsi selayaknya sistem operasi standar.
Sampai versi 0.11 kernel Linux masih berlisensi free software. Namun pada rilis berikutnya Linus mengganti lisensi kernel yang ia ciptakan menjadi GNU/GPL (General Public License) hal ini membuat siapapun dapat melihat, mengembangkan dan berpartisipasi dalam proses development Linux.
Pada awal kemunculanya yakni pada dekade 1990-2000, Linux hanya di gunakan pada lingkungan aplikasi berskala besar seperti web server, network server dan database server. Namun setelah itu Linux mulai di kembangkan untuk desktop. Banyak variasi sistem operasi Linux (atau di sebut Distro Linux) mulai dari RedHat, Debian, Slackware beserta turunanya (RedHat memiliki distro turunan seperti Fedora dan CentOS, Debian memiliki distro turunan seperti Ubuntu dan Linux Mint).
Sekarang sistem operasi Linux telah di gunakan di berbagai infrastruktur dan berbagai hardware. Mulai dari web server yang melayani puluhan ribu request per detik hingga aplikasi embedded. Selain itu Linux juga menjadi tulang punggung berbagai perangkat kritis seperti satelit, kelistrikan, surveillance hingga pada pesawat terbang.

Perkembangan Sistem Operasi Linux

Sistem operasi Linux telah banyak mengalami perkembangan sejak pertama kali di kembangkan oleh Linus Torvald pada 1991.
1983                      : Richard Stallman memprakarsai project GNU (Gnu’s Not Unix) untuk menciptakan sistem operasi free (free = bebas)
September 1991    : Linus Torvald merilis kernel Linux versi 0.01
5 Oktober 1991     : Linus Torvald merilis kernel Linux versi 0.02
19 Desember 1991: Linus Torvald merilis kernel Linux versi 0.11
5 Januari 1992      : Linus Torvald merilis kernel Linux versi 0.12
1996                     : Kernel Linux versi 2.0 di rilis
Januari 1999         : Kernel Linux versi 2.2 di rilis
Januari 2001         : Kernel Linux versi 2.4 di rilis
2011                     : Kernel Linux versi 3.0 di rilis
2015                     : Kernel Linux versi 4.0 di rilis

Lisensi Sistem Operasi Linux

Linux di lisensikan berdasar GNU/GPL. GNU/GPL merupakan kepanjangan dari General Public License merupakan jenis liesensi dimana pengguna dapat melihat, mengubah dan mengembangkan kode dari sebuah program yang terlisensi dalam GPL namun pengguna harus tetap patuh pada aturan dasar seperti mencantumkan lisensi GPL pada kode yang ia rubah dan tidak boleh mengklaim software yang ia modifikasi untuk tujuan komersil [1].

Kernel atau sistem operasi??

Seperti yang telah saya jelaskan di atas Linus bukanlah satu-satunya orang yang berkontribusi dalam pengembangan Linux (meskipun dia menjadi salah satu pionirnya). Mengingat kernel tidak akan dapat bekerja tanpa ada support dari software lainya.
Istilah GNU/Linux saya rasa lebih tepat [2] di gunakan karena dengan adanya software GNU-lah yang membuat kernel Linux dapat di gunakan dan dapat bekerja selayaknya sistem operasi.



MAC OS




Masih lanjut nih kita bahas system operasinya, kali ini kita akan membahas system operasi buatan Apple yaitu Mac OS. OS yang sangat menarik pastinya untuk digunakan baik dalam kehidupan sehari – hari atau pekerjaan.

Mac OS atau Macintosh Operating System adalah sistem operasi besutan Apple yang di khususkan hanya untuk komputer Macintosh. Mac OS tidak kompatible untuk PC berbasis IBM. Mac OS merupakan system operasi pertama yang berbasis GUI (Graphic User Interface) yang di perkenalkan ke public pada Januari 1984.

PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI MAC OS

Versi – versi Mac OS
  • System 1

    Pada awal pembuatan, Apple memberikan nama system operasi buatannya belum menggunakan nama Mac tetapi disebut System. System 1 rilis pada 24 Januari 1984, ini merupakan system operasi pertama yang menggunakan GUI. Namun belum terlalu popular dikarenakan pada saat itu hampir semua user menggunakan komputer dengan command line. System 1 hanya bisa menjalankan 1 aplikasi saja.
  • System 2

Diperkenalkan pada April 1985. System 2.0 sudah dilengkapi dengan Finder 4.1 dan MiniFinder yang memberikan kecepatan lebih ketika membuka aplikasi. User juga dapat men-shutdown melalui menu yang sudah disediakan oleh System 2. Diperkenalkan juga cara pengambilan screenshot dengan menekan tombol shift + command + 3.
  • System 3

Dirilis pada bulan Januari 1986 dengan versi system 3.0, pada satu bulan berikutnya dirilis kembali system 3.1, pada Juni 1986 dirilis kembali versi Syste 3.2 dan pada awal tahun 1987 dirilis kembali System 3.3. System 3.0 sudah dilengkapi dengan Finder 5.1 yang memiliki kecepatan lebih baik dari versi sebelumnya. Sudah terdapat juga teknologi Disk Cache yang berfungsi untuk menyimpan kegiatan yang sering digunakan oleh memori.
  • System 4

Rilis pada Maret 1987, Apple memperkenalkan System 4.0 dengan Finder 5.4 yang sudah mempebaiki bug pada versi sebelumnya. Hanya bisa dijalankan di MAC dengan RAM 512Kb keatas. 1 bulan setelah rilis System 4.0, Apple merilis System 4.1 dengan Finder 5.5 yang bisa dijalankan MAC dengan RAM 1 Mb keatas.
  • System 5

Rilis pada bulan Oktober 1987, Apple memperkenalkan System 4.2 dengan Finder 6.0 atau bisa disebut dengan System 5. Proses copy paste lebih mudah dengan dilengkapi progress bar dan tombol cancel. Di versi ini juga terdapat fitur multitasking dari MultiFinder yang digunakan. Apple merilis kembali versi 4.3 dengan Finder 6.0 atau bisa disebut System 5.1 pada bulan November 1987.
  • System 6

Versi terbaru dari System 5.1 adalah System 6 yang di rilis oleh Apple pada bulan Juni 1988. System 6 dibuat lebih stabil dari versi sebelumnya, sudah bisa menjalankan Floppy Disk hanya dengan 300-400 Kb Ram yang menyisakan cukup RAM untuk membuka aplikasi lain.
  • System 7

Merupakan versi yang mengalami cukup banyak perubahan. Rilis pada mei 1991, System 7 hadir dengan berbagai aplikasi baru, stabilitas yang di tingkatkan, sert fitur – fitur baru lainnya. Sudah bisa melakukan share file di harddisk menggunakan network dan kebebasan membuka banyak aplikasi (multitasking). Apple merilis versi System 7.5 pada Januari 1995 dan System 7.5.3 pada Mei 1996. Pada awal tahun 1997, Apple merilis kembali versi terbaru yaitu System 7.6 yang menjadi cikal bakal perubahan nama OS buatan Apple dengan menggunakan nama Mac OS.
  • Mac OS 8

    Rilis pada Juli 1997, Apple merilis versi terbarunya yaitu Mac OS 8. Ini merupakan pembaruan dari versi sebelumnya yang sudah di tingkatkan. Dan Mac OS 8 sangat laku di pasaran terhitung laku 1,25 Juta copy dalam waktu 2 minggu.
  • Mac OS 9

Diperkenalkan Apple pada Oktober 1999, Mac OS 9 sudah bisa menggunakan Multi User System yaitu setiap user dapat menyimpan data dan system setting mereka masing masing. Peningkatan dari segi implemantasi dan memori dari versi sebelumnya. Apple memperkenalkan fitur terbaru buatannya pada Mac OS 9 yaitu Apple Software Update untuk mengupdate OS.
  • Mac OS X 10.0 Cheetah

Rilis pada tahun 2001, Apple memperkenalkan Mac OS X 10.0 dengan nama kode Cheetah. Perubahan yang signifikan dari versi Mac OS X adalah dari segi tampilan user interface yang lebih menarik dan elegan, selain perbaikan bug dari versi sebelumnya, Apple juga banyak melakukan peningkatan di versi Mac OS X 10.0
  • Mac OS X 10.1 Puma

Rilis pada Oktober 2001, Mac OS X 10.1 adalah versi update dari Mac OS X 10.0 dengan nama code barunya yaitu Puma. Selain dari tampilan yang lebih modern, pada versi Mac OS X 10.1 sudah banyak mendapat dukungan untuk perangkat dan media seperti CD, MP3, printer, dll.
  • Mac OS X 10.2 Jaguar

Diperkenalkan pada Agustus 2002, Apple merilis kembali sistem operasinya dengan versi MAC OS X 10.2 yang mempunyai nama kode Jaguar.
  • Mac OS X 10.3 Panther

Rilis pada tahun 2003 dengan nama kode Panther, Apple memperkenalkan Mac OS X 10.3, selain dari segi tampilan yang selalu di update oleh Apple, versi 10.3 ini sudah dilengkapi dengan iChat AV untuk video konfrensi, terdapat finder satu akses ketika klik file dan folder.
  • Mac OS X 10.4 Tiger

Rilis pada April 2005 dengan nama kode Tiger, Apple merilis versi Mac OS X 10.4 dan merupakan Mac pertama yang dapat menggunakan Intel dimana sebelumnya hanya bisa menggunakan Power PC. Selain itu, Tiger sudah memiliki fitur terbaru seperti Dashboard (Widget), Spotlight (pencarian) dan Automator (optimasi.
  • Mac OS X 10.5 Leopard

Apple merilis kembali sistem operasi nya dengan versi Mac OS X 10.5 dengan nama kode Leopard pada tahun 2007. Dari tampilan desktop sudah sangat modern dibandingkan versi sebelumnya. Fitur baru yang terdapat di Mac OS X 10.5 Leopard yaitu Cover Flow di Finder dan Time Machine.
  • Mac OS X 10.6 Snow Leopard

Rilis pada tahun 2009, versi Mac OS X 10.6 diberi nama kode Snow Leopard. Versi banyak melakukan perubahan dari segi peningkatan kinerja, dan efisiensi.
  • Mac OS X 10.7 Lion

Pada tahun 2011, Apple merilis kembali Mac OS X dengan versi 10.7 yang mempunya nama kode Lion. Versi ini sudah bisa melakukan integrase yang lebih baik antara iOS dan Mac (system 1 – 9). Versi Lion ini juga merupakan versi pertama yang dapat di download dari Apple Store.
  • OS X 10.8 Mountain Lion

Rilis pada tahun 2012, Apple melahirkan kembali sistem operasi buatannya yaitu versi OS X 10.8 dengan nama kode Mountain Lion. Versi ini sudah bisa disebut tanpa menggunakan nama Mac lagi dan bisa disebut dengan versi OS X 10.7. Mendapat dukungan aplikasi iMessage, iCloud, dan integrasi yang lebih baik dengan social media seperti twitter.
  • OS X 10.9 Mavericks

OS X 10.9 dengan nama kode Mavericks diperkenalkan oleh Apple pada tahun 2013. Update terbaru dari OS X Mavericks terdapat pada peningkatan ketahanan baterai, peningkatan Finder, perbaikan power users, dan integrase iCloud.
  • OS X 10.10 Yosemite

OS X 10.10 diberi nama kode Yosemite yang dirilis oleh Apple pada tahun 2014. Update yang dilakukan pada versi Yosemite terletak dari Grafis skeuomorphism yang diganti menjadi desain grafis datar dan efek tembus kabur. Selain dari desain, Yosemite juga melakukan perubahan pancahayaan dan skema warna gelap. Default font sebelumnya yaitu Lucida Grande diganti menjadi Helvetica Neue.
  • OS X 10.11 El Capitan

Rilis pada akhir tahun 2015, Apple merilis versi OS X 10.11 dengan nama kode El Capitan. Versi penerus dari Yosemite ini difokuskan pada peningkatan kinerja, stabilitas, dan keamanan.
Nah Mac OS cukup menarik bukan guys ? terutama dari segi user interface nya yang Waw bagi admin hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar